Recent Posts


Breaking News

Harimau Sumatera ditombak mati karena masuk kolong rumah warga di Sumut


Dalangqq - Konflik harimau Sumatera dengan penduduk terus terjadi di kawasan Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Seekor satwa dilindungi itu mati ditombak warga yang khawatir.

Harimau Sumatera itu ditombak di Desa Bangkelang, Batang Natal, Mandailing Natal, Minggu (4/3) pagi.

"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.49 WIB," kata Alfianto Siregar, Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut.

Sebelum ditombak, harimau itu dilaporkan masuk ke kolong rumah Sofii, salah satu penduduk di Desa Bangkelang. Keberadaannya kemudian diberitahukan kepada aparat serempat.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, Polsek Batang Natal kemudian menurunkan beberapa personel ke Desa Bangkelang guna membantu warga mengamankan harimau. Saat polisi datang, warga sudah mengepung harimau itu.

Pihak Polsek Batang Natal sempat menghubungi petugas Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dan BBKSDA setempat untuk mengevakuasi satwa dilindungi itu. Namun sebelum mereka tiba, harimau dilaporkan tiba-tiba keluar dari kolong rumah warga.

Warga desa yang sudah siap pun melakukan penombakan. Harimau sempat melakukan pengejaran dan penyerangan terhadap warga, namun warga berkali-kali menombak tubuh harimau itu hingga mati.

"Untuk memastikan harimau mati, personel Polsek Batang Natal melakukan penembakan satu kali ke arah tubuh harimau," jelas Rina.

Berdasarkan foto yang beredar, bangkai harimau itu sempat digantung dan jadi tontonan warga. Selanjutnya harimau mati itu kemudian diserahkan kepada petugas TNBG dan BKSDA untuk diautopsi.

"Mereka berkoordinasi dengan Polres Madina untuk melaksanakan pemusnahannya sebagaimana SOP dari BKSDA," jelas Rina.

Sebelumnya, masyarakat sekitar dalam beberapa hari terakhir resah dengan kemunculan harimau di kampungnya. Seorang warga bahkan dilaporkan terluka akibat serangan harimau pada Jumat (16/2) lalu.

Tidak ada komentar